Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Hub dan Switch dalam Jaringan Komputer

Perbedaan Hub dan Switch - Dalam perangkat jaringan komputer ada istilah yang dikenal dengan hub dan switch. Secara bentuk, kedua perangkat ini hampir terlihat sama, namun memiliki kinerja fungsi yang berbeda. Beberapa orang awam mengenal keduanya ini sama saja karena dilihat dari sisi bentuknya. Sama halnya ketika pertama kali saya dulu belum mengenal hub dan swicth, saya kira kedua alat ini sama. Namun, setelah bertanya pada ahli komputer jaringan atau coba baca di situs-situs, ternyata hub dan switch ini berbeda. Sebelum mengenal lebih jauh 2 komponen jaringan ini, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa hub itu? dan apa switch itu?.
Hub adalah perangkat jaringan yang mengirimkan paket data ke semua port yang terhubung ke hub hingga paket data tersebut sampai pada tujuan. Sedangkan Switch adalah perangkat jaringan yang mendistribusikan paket data langsung sampai tujuan antar komputer dalam jaringan serta memiliki fungsi untuk mengenali topologi jaringan pada banyak layer osi.
Menurut fungsinya switch dan hub ini sama-sama mengirimkan sebuah paket data dalam suatu jaringan komputer. Namun, dalam skala besar dan membutuhkan kecepatan yang handal, switch lebih unggu daripada hub. Berawal dari sini, ada beberapa hal perbedaan antara hub dan switch yang perlu kita ketahui. Mari ikuti ulasannya dibawah ini.

Perbedaan Hub dan Switch dalam Jaringan Komputer

Apa sih perbedaan hub dan switch? Mari kita simak beberapa penjelasan di bawah ini yang kami rangkum dari berbagai literatur yang ada.
perbedaan hub dan switch
Gambar 1 : Cara Kerja Hub dan Switch

1. Kecepatan Transfer Data

Switch memiliki kecepatan transfer data lebih baik dibandingkan dengan hub. Sehingga sekarang ini banyak yang membuat jaringan menggunakan switch. Switch mampu melakukan prioritas transmisi data dari mac address yang akan dituju, sehingga mampu mentransmisikan paket data lebih cepat daripada hub yang hanya menyebarkan paket data keseluruh komputer yang terhubung jaringannya.

2. Harga Switch dan Hub

Dari segi ekonomi, harga hub lebih murah dibandingkan dengan harga switch dikarenakan kelebihan fungsi dan keamanan yang ditawarkan switch.

3. Sistem Transmisi

Switch mentransmisikan paket data sesuai request dari komputer yang membutuhkan paket data tersebut, sedangkan hub mentransmisikan paket data yang masuk ke seluruh komputer yang terhubung dengan jaringannya.

4. Segi Keamanan

Dari segi keamanan, hub memiliki tingkat keamanan lebih rendah daripada switch. Switch memakai sistem seleksi terhadap komputer yang terhubung dengannya berupa MAC address, hal ini memungkinkan jika ada MAC address yang dapat menimbulkan masalah pada jaringan dapat di blok saja.

5. Setting Jaringan (Manageable)

Hub tidak bisa melakukan setting perangkat yang terhubung ke jaringan, sedangkan switch bisa di-setting melakukan blokir terhadap komputer/mac address yang dirasa mengganggu transmisi data. Switch sendiri jika dipakai pada jaringan yang kecil seperti dirumah, tidak perlu melakukan setting yang ribet, hanya perlu colok kabel LAN langsung ke switch. Untuk jaringan yang lebih besar seperti di kantor atau warnet memerlukan managed switch yang biasanya disetting dengan membuat virtual LAN atau VLAN untuk setting kecepatan port, host, filter mac address dll.

6. Letak pada Lapisan OSI Layer

Hub bekerja pada lapisan OSI layer pertama yang dinamakan dengan Physical Layer, sedangkan switch melakukan kerjaannya pada lapisan OSI layer kedua yakni Data Link.

7. Beban Kinerja pada Jaringan

Dilihat dari sistem kerjanya, hub memiliki beban kerja yang simpel dan tidak rumit, sedangkan switch memiliki beban kerja yang lebih kompleks.
Dari segi kompleksitas fungsi, untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak video di bawah ini :

Video Perbedaan Hub dan Switch

Source : https://youtu.be/eMjpNuBRjk4
Dari berbagai perbedaan antara hub dan switch yang sudah kita ulas di atas. Anda bisa memilih mana yang akan anda gunakan untuk membangun sebuah jaringan. Sebelumnya terlebih dahulu Anda harus menentukan tujuan dalam membuat jaringan, jaringan itu akan anda buat untuk skala kecil atau untuk skala besar. Jika anda akan membuat jaringan untuk skala kecil (rumah, warnet, warkop wifi) anda hanya perlu menggunakan hub, namun jika untuk skala besar seperti kampus, kantor dll perlu menggunakan switch agar bisa di manageable.
Mau beli switch hub online tapi bingung beli dimana? Saya kasih referensinya yang pasti harga murah dan kualitas bagus. Anda bisa memilih switch managed atau yang unmanaged sesuai kebutuhan anda. Kunjungi Disini...
Demikian artikel tentang perbedaan hub dan switch dalam jaringan komputer. Berdasar hal ini, semoga anda bisa mulai memilih dan memilah mau pakai hub atau switch untuk membuat jaringan. Dari berbagai situs jual beli online, sekarang ini penjual lebih banyak menjual switch daripada hub. Dikarenakan juga switch memiliki kelebihan pada fitus managed dan unmanaged, sehingga jika pembeli ingin memakai untuk skala kecil, bisa membeli switch unmanaged sebagai pengganti hub. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda para pecinta jaringan komputer. Terima kasih,,,