Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard Tanpa Ribet

Cara mematikan laptop dengan keyboard ini terbilang mudah dan simpel tanpa harus mencari-cari program dan klik-klik mouse atau menggerakkan touchpad pada layar laptop. Sepanjang pengetahuan saya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mematikan laptop setelah selesai digunakan. Namun, jika tidak mematikan laptop dengan benar dan semestinya malah bisa menimbulkan masalah. Misalnya mematikan laptop dengan langsung mencabut baterai atau jika penggunaan laptop tanpa baterai dan langsung memakai colokan listrik lalu mematikan laptop dengan langsung mencabut colokan. Perilaku mematikan laptop seperti itu kurang tepat karena bisa merusak sistem windows bahkan hardware laptop.
Cara mematikan laptop menggunakan keyboard ini dapat diaplikasikan pada berbagai merk laptop semisal asus, acer, thosiba, lenovo, dell, sony vaio dll. Tips ini pun merupakan salah satu cara yang benar dalam mematikan laptop. Jadi anda tidak perlu khawatir tentang cara yang akan dijelaskan dibawah ini.
Bagi sebagian orang yang setiap hari bergelut dengan komputer atau laptop cara-cara ini mungkin sudah menjadi kebiasaannya. Hanya butuh waktu beberapa detik atau bahkan dengan menutup laptop saja, maka laptop sudah dianggap shutdown (nb: perlu setting pada power system). Untuk artikel kali ini, anda akan mendapatkan pengetahuan tentang salah satu cara mematikan laptop yang benar. Cara ini juga berlaku untuk berbagai macam windows, baik itu windows XP, windows 7, windows 8 dan 8.1 serta windows 10. Keren bukan, 1 cara bisa dipakai untuk berbagai merk laptop dan berbagai system windows.

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard Tanpa Ribet

cara mematikan laptop dengan keyboard
Ilustrasi cara mematikan laptop dengan keyboard
Panduan cara mematikan laptop lewat keyboard ini juga bisa diterapkan pada PC/komputer. Untuk lebih jelasnya simak langkah-langkah di bawah ini:
Langkah 1. Pastikan anda berada di DESKTOP - lalu TEKAN Alt+F4 (note: Tekan ALT dulu, lalu F4).
tekan alt+f4 pada keyboard laptop
Gambar 1 : Tekan Alt+F4 pada keyboard laptop
tekan alt+f4 pada keyboard komputer
Tekan Alt+F4 pada keyboard komputer/PC
Langkah 2. Kemudian akan muncul tampilan Shut Down Windows. Dari beberapa windows mungkin beda-beda interfacenya.
Windows XP : Klik Turn Off
cara mematikan laptop windows xp
Windows 7 : Pilih Shut Down - Klik OK
cara mematikan laptop windows 7
Windows 8 : Pilih Shut Down - Klik OK
cara mematikan laptop windows 8
Windows 10 : Pilih Shut Down - Klik OK
cara mematikan laptop windows 10
Langkah 3. Selesai - Tunggu sampai laptop anda benar-benar sudah mati.
windows shutdown
Catatan :
Jika anda sedang menjalankan program misal microsoft word, photoshop, lalu anda menuju Desktop, kemudian menekan tombol Alt+F4. Kemungkinan akan muncul tampilan seperti di bawah ini, langsung saja klik Force shut down. Dan windows akan shut down sampai laptop anda mati.
mematikan program berjalan di windows

Tips Sebelum Mematikan Laptop atau Shutdown Laptop

  1. Pastikan seluruh program dan aplikasi sudah selesai dan disimpan dengan baik, kemudian close (tekan tombol x pada aplikasi yang berjalan) seluruh program.
  2. Setelah aplikasi dan program yang berjalan sudah dimatikan, lakukan clear cache. Anda bisa memakai aplikasi Ccleaner untuk membersihkan cache pada laptop anda.
Itulah sedikit tips yang perlu anda ketahui agar proses shutdown/mematikan laptop anda berjalan lancar. Demikian cara mematikan laptop dengan keyboard tanpa ribet, anda hanya perlu melakukan 2 langkah saja. Pastikan posisi tampilan di dekstop - lalu tekan Alt+F4 - Klik Enter. Mudah dan tanpa ribet bukan, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, silahkan share, like dan komentar ya. Terima kasih